Kamis, 27 November 2014

Komputer dalam beberapa tahun mendatang nampaknya bakal tak lagi menggunakan password sebagai sarana untuk login. Intel bersama dengan McAfee pun tengah mengembangkan teknologi autentifikasi biometrik dan akan bisa diunduh pada akhir tahun ini.

General Manager PC Client Group Intel, Kirk Skaugen mengatakan kalau keberadaan autentifikasi biometrik tersebut akan lebih memudahkan dalam penggunaan komputer. Biometrik, lanjutnya, pada dasarnya akan menghapus password saat login Windows dan ke depannya juga berlaku untuk masuk ke situs di internet.
autentifikasi biometrik
Saat ini sendiri, penggunaan password memang cukup rentan terhadap aksi peretasan. Terlebih penggunaan password yang mudah ditebak pun merupakan hal yang lumrah. Dan kalau ingin aman, maka seseorang harus mempunyai stok password yang cukup banyak. Dan tentunya hal ini akan cukup merepotkan. Namun permasalahan tersebut akan bisa digantikan cukup dengan menggunakan autentifikasi biometrik.
Namun yang perlu diperhatikan, teknologi autentifikasi biometrik bukanlah sebuah hal yang baru. Apple sendiri menggunakan teknologi tersebut pada produk iPhone serta iPad. Selain itu, Intel juga telah melakukan pengembangan teknologi biometrik dalam berbagai bentuk, baik itu sidik jari, gesture tangan, wajah ataupun pengenalan suara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar